Selasa, 18 Maret 2014

BELI RUMAH DENGAN CASH BERTAHAP
Selain KPR, beli rumah bisa langsung mengangsur ke developernya. Mau? Mengangsur langsung ke developer biasanya saya sebut CASH BERTAHAP! CASH BERTAHAP ini variatif. Bisa 3 kali, 6 kali, 12 kali bahkan ada yang sampai 60 kali. Saya sendiri mempraktekkan maksimal 12 kali cicilan cash bertahap.

Cara cash bertahap ini memudahkan bagi calon pembeli yang tidak lolos KPR. Memang sih, angsurannya jadi lebih besar. Walau angsuran lebih besar (karena faktor bagi hanya 12 kali *misalnya*) tapi cash bertahap memiliki beberapa keuntungan. Apa saja?!

Keuntungan cash bertahap adalah tanpa provisi, tanpa biaya admin, biaya pajak2 bisa dimasukkan dalam harga, tanpa verifikasi data dll. Untuk membeli dengan cara KPR, Anda musti mempersiapkan dana antara 10%-30% uang muka + kisaran 7% untuk biaya administrasi KPR + pajak2. Untuk membeli dengan cash bertahap, dana yang disiapkan di awal tidak banyak. Bisa tanpa DP, langsung angsur!

Membeli rumah dengan cara cash bertahap bagi Anda yang ingin punya rumah tapi tidak bankable. Sebelum lunas, konsumen dengan penjual membuat perjanjian bawah tangan. Setelah lunas baru di-AJB-kan. Ada kemungkinan biaya tak terduga, yakni pajak. Setelah 1 tahun pajaknya naik, ada kemungkinan bayar pajak traksansinya lebih mahal.

Untuk cash bertahap lebih dari 6 bulan, developer biasanya menaikkan harga kisaran 10%. Kenaikan harga ini sebenarnya tidak signifikan dibandingkan beban biaya KPR. Bunga KPR mgkn 8%, tapi provisi dan adminnya bisa 7%. Jadi walau bagaimanapun lebih murah cash bertahap daripada KPR. Ini salah satu keunggulan cash bertahap.

Pilihan ada di Anda. Mau KPR dgn angsuran ringan tapi biaya besar di depan ATAU CASH BERTAHAP dgn angsuran besar tp biaya ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar